Laporan Pertangung Jawaban DKM Periode 2014 - 2016






LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGURUS DEWAN KEMAKMURAN MASJID JAMI’ AL-MADANI
MASA BAKTI 2014 – 2016



MUQODDIMAH
BISMILLAHIRAHMANIRRAHIM

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehdhirat Allah SWT atas segala rahmat, hidayah dan karunia yang tidak mungkin mampu kita untuk mengitungnya. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada manusia terbaik sepanjang zaman yang perkataan dan perbuatannya merupakan tuntunan hidup bagi kita semua yaitu Rosulullah Muhamad SAW, sholawat dan salam juga semoga tercurah kepada para keluarga beliau, shahabat dan para pengikut sunnah beliau yang ihklas dan istiqomah dalam menjalankan tuntunan dan ajaran Islam sampai akhir zaman.
Sejak terbentuknya secara lengkap Dewan Kemakmuran Masjid Al-Madani periode Oktober 2014 – Desember 2016 yang terdiri dari tokoh masyarakat, guru, ulama’ dan pemuda di lingkungan RW 07  Cikarang Baru, sebagai suatu organisasi yang mengemban amanah besar untuk menjadikan masjid berfungsi ideal seperti di zaman Rosullullah SAW dan para Shahabat yaitu sebagai pusat kegiatan ibadah dan tempat pembinaan umat , kami senantiasa bekerja secara terus-menerus mewujudkan cita-cita tinggi tersebut. Kearah pengembalian fungsi masjid yang ideal itulah dasar dari bergeraknya pengurus DKM Al-Madani dengan tetap menunjung tinggi rasa ukhuwah Islamiyah yang sudah mengakar baik di lingkungan masjid dalam memprogramkan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan selama periode ini.
Dengan semakin bertambahnya jumlah Jama’ah Masjid Al-Madani yang mempunyai latar belakang pendidikan, suku, golongan dan pemahaman yang berbeda-beda pengurus senantiasa berusaha menciptakan suasana yang saling menghargai untuk menjaga kuwajiban berukhuwah Islamiyah dengan tetap menjunjung tinggi kemurrnian aqidah ahlussunah wal’jama’ah dan berlandaskan al-qur’an dan sunnah nabi Muhamad SAW. Untuk mewujudkan amanah besar tersebut kami pengurus DKM al-Madani telah berupaya mengadakan kegiatan-kegiatan Utama yaitu :


1.      Masjid sebagai tempat pelaksanaan peribadatan dengan dasar seluruh aktifitas yang dilaksanakan di masjid berorientasi pada ubudiyah kepada Allah :
·         Pelaksanaan sholat fardhu lima waktu yang tepat waktu sebagai pokok ibadah
·         Pelaksanaan sholat jum’at yang tertata dan terkontrol dengan baik
·         Pelaksanaan sholat Tarawih, Qiyamullail, I’tikaf 10 hari terakhir di bulan Ramadhan
·         Pelaksanaan sholat I’dul Adha dan Idul Fitri setiap tahunnya

2.      Menjadikan masjid sebagai sarana pembinaan Iman, pembinaan masyarkat islami dan tarbiyah bagi Jama’ah Masjid Al-Madani :
·         Kajian intensif yang dilaksanakan secara istiqomah dan istimror dengan pemateri yang  kompeten di bidangnya yaitu : kajian Tafsir, Aqidah, Hadist, fiqih, Siroh Nabawi dan Ahlaq (tazkiatun nafs) yang dilaksanakan setiap ahad pagi dan ahad malam.
·         Kajian khusus yang dilaksanakan di bulan Ramadhan : Tausiah setiap malam dan kajian ba’da isya’ (I’tikaf) di malam-malam akhir Ramadhan.
·         Peringatan Hari Besar Islam sebagai bentuk syi’ar.

3.      Masjid sebagai tempat sarana pengokoh Ukhuwah Islamiyah, bermusyawarah dan kegiatan sosial bagi masyakat di lingkungan al-madani :

·         Pelaksanaan Tarhib Ramadhan yang secara regular diikuti oleh TPA RW 07 & 10
·         Kegiatan santunan bagi anak yatim di Kabupaten Bekasi yang dilakukan secara regular setiap 1 tahun sekali di bulan Ramadhan.
·         Sebagai pusat pengggalangan dana sosial bantuan bencana dan bantuan dhu’afa
·         Pelatihan/Kajian entrepreneurship/pengusaha muslim bagi warga muslim Cikarang Baru.
·         Menjadikan masjid sebagai tempat musayawarah warga dan jenis kegiatan yang lainnya



4.      Mewujudkan masjid sebagai sarana madrasah bagi generasi penerus kita di masa yang akan datang :
·         Menyelenggarakan program Tahsin & Tahfidz bagi Santri Al-Madani sebagai program unggulan TPA AL-Madani.
·         Secara terus menerus melakukan perbaikan qualitas pengajaran di TPA, TK dan mendirikan Madarasah Diniyah sejak awal tahun 2010 melalui pelatihan dan sertifikasi Guru TPA.

Kegiatan-kegiatan tersebut di atas telah diupayakan dengan semampu kita sebagai pengurus dengan tujuan agar jama’ah dapat beribadah dengan khusyu’, terbentuk Insan/pribadi yang beriman, masyarakat yang bertaqwa dan berahklqulkarimah serta terjalin Ukhuwah Islamiyah yang baik di antara Jama’ah Masjid Al-Madani. Kita semua memahami bahwa memakmurkan masjid adalah kuwajiban kita semua sebagai masyaratan muslim yang mukmin dan bukan hanya tanggung jawab dari pengurus DKM. Dukungan moral, aktif-nya jama’ah di masjid serta kesadaran berinfaq dan shodaqoh yang tinggi dari Jama’ah masjid merupakan kunci utama terlaksananya program-program tersebut.
Tiada gading yang tak retak, tentunya program-program yang telah dilaksanakan masih jauh dari sempurna dan perlu evaluasi serta perbaikan agar kualitas kegiatan lebih tinggi dan manfaat yang lebih besar akan dirasakan oleh Jama’ah Masjid Al-Madani serta yang tidak kalah penting adalah terbentuknya lingkungan dengan masyarakat yang bertaqwa kepada Allah sehingga keberkahan akan senantisa menyelimuti kehidupan kita.
Secara garis besar laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2014 – 2016, kami tuangkan dihalaman-halaman berikutnya.


I.                    SUSUNAN PENGURUS DKM AL-MADANI PERIODE 2014 – 2016 Serta tugas dan Tanggung Jawabnya (terlampir)
Dalam kepengurusan DKM al-Madani 2014 – 2016 terdapat beberapa kali penyesuaian atau perubahan struktur pengurus yang disebabkan oleh pindahnya tempat tinggal pengurus ke luar cikarang baru atau penyesuaian dengan fungsi atau tugasnya.


ORGANISASI – ORGANISASI DI BAWAH NAUNGAN DKM AL-MADANI DAN SUDAH MEMPUNYAI STRUKTUR ORGANISASI SENDIRI SECARA MANDIRI ADALAH :
1.      Paguyuban sosial Kematian AL Mu’awanah
Ketua                                     : Rizal
Sekretaris                               : Afif Fauzi
Bendahara                              : Budaeri
            Pembina                      : A. Tatang S
2.      Lembaga Pendidikan Islam Al-Madani (PAUD & TPA)
Masa kepengurusan 2013 – 2017 M
Ketua PAUD & TPA              : Miftachul Husna & H. Humairoh
Bendahara I                            : Lita Suhartini
Bendahara II                           : Luciany Dewi
Dewan guru                            : 25 Guru

3.      Bidang/Lembaga Zakat Al-Madani   
Ketua                                     : H. Ahmad Munfadhil
Bendahara                              : H. Abdul Rohim
Anggota                                  : H. Suhaeli, H. Masyuro

4.      Majlis Ta’lim Al-Madaniyah
Masa kepengurusan 2013 – 2016 M
Ketua                                    : H. Humairoh
Wakil                                    : Umi Musyarofah
Sekretaris                              : Miftachul Husna
Bendahara                             : Desi

5.      IRMA Al-Madani
Masa kepengurusan 2014 – 2016 M.
Ketua                                     : Bayu
Wk Ketua                              : Rio
Sekretaris                               : Alif
Bendahara                              : Rian

6.      FSSP Al-Madani
Ketua                                     : Nursasi
Sekretaris                               : Surip Widodo
Bendahara                              : Budi

II.                  KESEKRETARIATAN
Kesekretariatan DKM Al-Madani periode 2014 – 2016 yang mempunyai tugas utama antara lain untuk mengatur pelaksanaan rapat rutin dan non rutin DKM, mendukomentasikan hasil rapat serta mengontrol pelaksanaan, menyusun laporan kegiatan serta segala administratif surat menyurat DKM al Madani.
Dari seluruh tugas di atas kesekretariatan Masjid Almadani telah berupaya sebaik mungkin untuk menyusun dan mengontrol kegiatan rutin dan non rutin antara lain :
1.      Musyawarah Kerja DKM Masjid Al-Madani yang di adakan setiap satu tahun sekali untuk membuat rencana kegiatan dakwah dan ibadah selama satu tahun.
2.      Musyawarah Rutin Pengurus DKM Al-Madani, dilakukan secara regular setiap 1 sampai 2 bulan sekali dengan agenda utama adalah membahas pelaksanaan program-program dan evaluasi kegiatan di masing-masing seksi di DKM  Al-Madani. Kegiatan ini sangat penting dan menjadi ujung tombak pengurus agar bisa lebih optimal dalam memakmurkan masjid sebagai fungsi dan sarana dakwah dan meningkatkan pelayanan terhadap Jama’ah Masjid Al-Madani pada khususnya. (Terlampir di awal saja berjalan)
3.       Musyawarah non rutin dan bersifat incidental, dilakukan ketika ada momen-momen tertentu yang membutuhkan pemikiran dari seluruh pengurus DKM Al-Madani antara lain adalah :Proses Pembangunan / Renovasi Masjid, Pemberian bantuan sosial musibah banjir karawang, Syuro Mengenai Kegiatan Lembaga LPI Al-Madani dan lain-lain.
4.      Kegiatan lain yang dilakukan di masjid dan dikontrol oleh kesekretariatan antara lain : Persaksian masuk Islam dari warga non muslim, Pembahasan FORKAMMI (Forum Komunikasi antar Musholla dan Masjid Secikarang Raya dll.

Selama masa kepengurusan 2014 – 2016 tersebut telah tercatat beberapa surat yang telah dikeluarkan masjid Almadani yang dibagi dengan beberapa katagori adalah sbb :
1.      Surat ke Internal pengurus DKM Al-Madani pada tahun 2014 sebanyak 14 surat dengan nomor 001/DKM/I/2014  tanggal 08Januari 2014 tentang pembenkan pengurus baru DKM Al-Madani, sampai dengan nomor 014/DKM/2014, pada tahun 2015 sebanyak 13 Surat dengan nomor 001/DKM/I/2015 (Rapat Evaluasi DKM dan Planning kegiatan 2015 M) sampai dengan nomor 013/DKM/RA/1436 H, Pada 2016 sebanyak 25 Surat dengan nomor 001/DKM/I/2016 Rapat kerja DKM 2016 dan terakhir Undangan Peremajaan DKM, Total : 52 Surat
2.       Surat Mandat dari DKM ke pengurus RT untuk menjadi panitia PHBI,Surat sebanyak 12 surat dengan nomor 001/SP/DKM/IV/2014 sampai 004/SP/DKM/X/2016.
3.      Surat External Masjid Al-Madani dari awal 2014 s/d Akhir 2016 sebanyak 24 surat dengan tujuan untuk pemberitahuan undangan Ustads pengisi Kajian Dhuha / tabligh Akbar, Pengajian Rutin, Khotib Sholat ‘Ied dan lain lain dengan nomor surat 001/E/DKM/VI/2014 sampai dengan 015/E/DKM/IV/2016 (Permohonan Tambah daya Listrik PLN).
Dari serangkaian kegiatan rutin yang dikoordinir oleh kesekretariatan DKM Al-Madani ada beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan untuk masa yang akan datang yaitu perlunya tempat yang strategis yang bisa dijadikan basis informasi seluruh kegiatan di Masjid Al-Madani beserta peralatan administrative yang memadai, tempat yang nyaman dan rapih sehingga terjalin komunikasi yang lebih intensif dan lebih tertata secara administrative. Dengan berkembangnya teknologi Informasi Alhamdulillah sudah terwujud WEB Informasi kegiatan DKMyaitu : www.masjidalmadani.com sejak Sept 2014 sampai sekarang namun perlu maintenant yang terus menerus supaya terupdate data informasinya dengan dibantunya Bid Humas sebagai penyempurna Informasi ke public/Jamaah Almadani yang digunakan sebagai basis informasi bagi jama’ah dan masyarakat umum.


II.  KEUANGAN MASJID JAMI’ ALMADANI

Keuangan DKM Al-Madani yang dikelola oleh Bendahara Masjid dengan tugas utama mengatur dan mengadministrasikan seluruh keluar masuknya keuangan masjid yang di amanahkan oleh jama’ah masjid untuk keperluan kegiatan yang telah diprogramkan dan dilaksanakan oleh seksi atau bidang di bawah naungan DKM Masjid Al-Madani.
Secara umum pemasukan kas DKM Al-Madani didapatkan dari beberapa yaitu : Infaq sholat Jum’at, Infaq sholat Tarawih, Idul Fitri, Idhul Adha, Infaq dan shodaqoh yang disalurkan secara langsung. Syukur Alhamdulillah berkat kesadaran beramal yang sangat tinggi dan kepercayaan terhadap pengemban amanah dari Jama’ah masjid Al Madani infaq yang terkumpul melebihi dari cukup untuk membiayai kegiatan kegiatan dari bidang-bidang yang berada di DKM Al-Madani.
Pengeluaran dana secara umum digunakan untuk kegiatan rutin dari bidang-bidang di DKM yang  bertujuan untuk memakmurkan masjid, memfasilitasi Jama’ah untuk beribadah dan tholabul ‘ilmu di masjid almadani serta pengembangan dakwah dan syi’ar Islam antara lain : sholat Jum’at, Kajian Rutin setiap ahad pagi dan malam, Syi’ar Islam melalui PHBI , serta beberapa kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan yaitu bantuan bagi jama’ah masjid al-madani yang terkena musibah, bentuan bencana alam dan social yang lainnya.
Pengunaan lain yang bersifat fisik adalah untuk perawatan masjid, pembelian perlengkapan masjid antara lain ; terpal untuk alas sholat Jum’at, tenda dan pembangunan insfrastructure pendukung yaitu pagar sederhana dan tempat parker di sisi selatan masjid.
Detail pemasukan dan pengeluaran keuangan masjid al-Madani selalu di laporkan setiap minggu pada saat sebelum sholat Jum’at di mulai dalam bentuk laporan
Sampai dengan tanggal Desember 2016 Saldo kas Masjid Al-Madani adalah sebesar Rp. 215.011.439 (Sumber laporan Jumat Akhir Desember 2016)


III.  LAPORAN KEPENGURUSAN BIDANG-BIDANG DKM AL-MADANI

   A.     BIDANG UBUDIYAH RUTIN (Koord Bidang – Ust. Heru dan Ust Wahyu)
Bidang Ubudiyah Rutin merupakan ruh dari kegiatan di masjid Al Madani mempunyai tugas utama membuat perencanaan, mengontrol kegiatan ibadah rutin dan non rutin yang bersifat ubudiyah langsung kepada Allah SWT :
Kegiatan – kegiatan bidang ini yang terprogram dan telah dilaksanakan adalah :
1 .      Sholat Fardhu yang tepat waktu
2 .      Pemrograman dan pelaksanaan Sholat Jum’at
3 .      Pemrograman dan pelaksanaan Sholat Sunnah Tarawih & Tausiah Rutin di bulan suci Ramadhan.
4 .      Pelaksanaan Sholat Idhul Fitri dan Sholat Idhul Adha
5 .      Qiyammul lail dan I’tikaf 10 hari terakhir.
Pencapaian program dari bidang Ubudiyah rutin dalam melaksanakan amanah yang diembannya sejak tahun 2014 sampai akhir masa kepengurusan Alhamdulillah cukup baik, antara lain : terlaksananya sholat fardhu dengan tepat waktu dengan jumlah jama’ah yang cukup banyak, sholat Jum’at yang tertata dan terkontrol dengan baik adalah merupakan salah satu barometer tercapainya tujuan bidang ini. Dari khotib yang yang sudah dijadwalkan selama setahun periode, prosentase kehadiran dari para khotib/ustadz hamper  95 % sesuai jadwal disamping juga sudah tersusunnya badal dari pengurus yang sudah terlatih.
Setiap di Bulan Suci Ramadhan bidang Ubudiyah bekerjasama dengan bidang dakwah selalu merancang dan mengontrol pelaksanaan sholat tarawih, tausiah Ramadhan dengan Imam dan pemberi materi dari intern DKM serta ustadz di wi sekitar wilayah Cikarang.
Kegiatan ubudiyah lain yang merupakan program kerjasama bidang UBUDIYAH dengan DAKWAH sebagai upaya penghidupan sunnah baginda rosulullah SAW dan mendapat respon positif dari Jama’ah Al-Madani dan masyarakat Cikarang Baru pada umumnya adalah I’tikaf 10 hari di Akhir Ramadhan yang kini sudah menjadi ciri khas Masjid Jami’ Al-Madani karena tidak semua masjid berkemampuan melaksanakan program tersebut dengan tingkat jama’ah berkisar antara 30 – 100 jama’ah.
Terlampir adalah jadwal dari Khotib Sholat Jum’at dan Imam Tarawih, tausiah Ramadhan tahun 1435 H – 1437 H yang sudah terlaksana. (dapat di lihat di web : www.masjidalmadani.com)


   B.      BIDANG DA’WAH & PELATIHAN (Koord Bidang : Ardi K)
Bidang Da’wah dan Pelatihan DKM Al Madani mempunyai tugas utama membuat perencanaan, mengontrol kegiatan kajian rutin/regular, pelatihan khusus untuk membentuk insan atau pribadi yang paripurna, masyarakat yang bertaqwa melalui pembinaan yang terus menerus serta pengembangan da’wah Islamiyah khususnya di lingkungan RW 07 dan 10 Cikarang Baru.
Kegiatan – kegiatan bidang dakwah yang terprogram dan telah dilaksanakan adalah :
1.      Kajian rutin ahad pagi Pekan Pertama dan ketiga – Kajian Kitab (ust. Adih Amin.Lc).
2.      Kajian Rutin ahad pagi pekan ke dua – Ahklaq/tazkiatun nafs (Ust. Syarifudin Djatnika, Lc)
3.      Kajian Rutin ahad pagi pekan ke tiga – Syakofah Islamiyah (Ust.Uus Mauludin MM)
4.      Kajian rutin Ahad pagi pekan ke empatPerkembangan dunia Islam dan Infornasi terkini  Ustadz. H. Widodo
5.      Kajian Pekan kelima  – Kajian Tematik Ust. A Khoiriri
6.      Kajian rutin setiap Ahad Malam
·         Fiqih, Bulughul Marom oleh ust. Hasan Basri
·         Siroh Nabawi oleh Ust. Sona’I Abd. Rohman, Lc
·         Aqidah oleh Ust. Syarifudin Jatnika, Lc
·         Hadist Arba’in anNawawi oleh Ust. Abdullah Syafi’i.
·         Kajian Umum dan Tematik oleh Ust. H. Mukri. MM
7.      Kajian Tahsinul Quran di setiap Malam Ahad ba’da magrib dibimbing oleh Ust. Mahmud dan Ust Mahmudin secara bergantian.
8.      Kegiatan bulan Ramadhan (Tarawih, Tadarrus alqur’an, I’tikaf 10 hari terakhir)
9.      Kajian Enterpreneur yang dilaksanakan di bulan Juli 2015 dengan nara sumber Ust. Bagus Harnowo. Spdi
10.  Mabit ( Malam Bina Iman dan Taqwa ) oleh ust. Ibnu Jarir, Lc
11.  Kajian tematik mengenai bahaya Syiah Oleh Ust. Farid Okbah.MM

Barometer lain adalah tumbuhnya semangat dan kesadaran jama’ah almadani untuk lebih memperdalam ilmu agama yang tinggi dengan menghadiri secara rutin kajian regular yang secara intensif dilakukan setiap ahad pagi dan ahad malam dengan tingkat kehadiran rata-rata 50 sampai 400 Jama’ah.
Dari beberapa pencapaian yang baik tersebut ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan yaitu kaderisasi terhadap kegiatan-kegiatan yang bersifat ubudiyah misalnya : Imam sholat Rawatib, Khotib Jum’at, petugas Adzan dan lain-lain.
   C.      BIDANG SOSIAL dan HUMAS (Koord Bidang Ir. Heru K, dari RT 008 RW 007)
Bidang sosial dan Humas DKM Al-Madani mempunyai tugas dan peran utama untuk mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial di masyarakat baik di lingkungan internal RW 07 dan 10 maupun diluar wilayah Cikarang Baru.
Pelaksanaan dan pencapaian program yang telah dilaksanakan dalam periode ini setidaknya sama dengan periode sebelumnya antara lain :
1  .     Membuat data base mustahiq zakat di lingkungan RW 07, RW 10 dan daerah sekitar wilayah Cikarang        Baru, misalnya : Rawa sentul, kampung kandang gereng, kampung poncol, desa Pasir Tanjung dan lain-lain.
2 . Secara rutin (setiap awal Ramadhan) mengumpulkan sembako yang dibagikan ke mustahiq dan Dhu’afa lingkungan Cikarang baru, Yayasan pendidikan dan desa-desa terdekat dengan masjid Al Madani.
3.      Bersama Lembaga Zakat Al-Madani mendistribusikan Zakat Fitrah dan Zakat Maal ke mustahiq di sekitar Masjid Al-Madani dan Lingkungan Cikarang Pusat, Cikarang Selatan dan Cikarang Utara.
4.      Bersama panitia Idhul Adha setiap tahun bekerja sama untuk melakukan pendistribusian daging korban ke wilayah sekitar Cikarang Pusat dan Timur.
5.      Mengkoordinir dan membuat acara-acara yang bersifat tertentu karena adanya musibah yang terjadi baik di sekitar Cikarang Baru maupun tragedi nasional misalnya : bulan January – February 2015 pengumpulan dana social banjir yang terkumpul dan di distribusikan untuk wilayah Pasir Ranji, Bojong dan karawang.
Syukur Alhamdulillah berkat kesadaran berinfaq yang tinggi dan menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dan persaudaraan dari Jama’ah dan masyarakat sekitar masjid Al-Madani hampir semua program yang dibuat selalu mendapatkan dukungan yang luar biasa, hal ini kedepan yang harus tetap dijaga dan dipertahankan dengan baik.
Hal lain yang perlu dikembangangkan kedepan oleh bidang social adalah perlu kerjasama dengan DKM lain di sekitar wilayah cikarang baru dalam menyusun data base mustahiq di desa-desa sekitar wilayah Cikarang Baru sehingga dapat dikurangi kemungkinan penumpukan bantuan social atau zakat ke wilayah tertentu saja.


   D.     BIDANG PHBI (Koord Bidang Bpk. H Yusnawir – Bpk Eko Rusdianto)

Bidang PHBI mempunyai tugas utama merencanakan dan mengontrol pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam dengan tujuan menjunjung tinggi Syi’ar Islam kecuali Hari Raya Idhul Fitri yang pelaksanaannya dikontrol oleh DKM Al-Madani.
Sistem rolling diterapkan untuk kepanitiaan pelaksanaan PHBI dengan melibatkan  4 RT di RW 07 dengan tujuan agar setiap warga mempunyai ikatan yang kuat dan rasa memiliki terhadap masjid Al-Madani, menjalin hubungan tali silaturahmi antar warga serta menjadikan Masjid Al-Madani sebagai pusat kegiatan PHBI di wilayah RW 07 .
Di samping itu ada beberapa PHBI yang dilakukan bersama dengan Organisasi di bawah DKM Al-Madani misalnya LPAI Al-Madani dan Majils Ta’lim AlMadaniyah yang senantiasa melaksanakan TARHIB RAMADHAN dan tahun Baru 1 MUHARRAM yang selalu diusahakan dengan syi’ar atau kegiatan yang besar.
Kegiatan PHBI lain yang diselenggarakan secara khusus adalah :
1.     Agenda Bulan Suci Ramadhan (yang menyangkut semua bidang di DKM masjid Al-Madani, Lembaga Pendidikan Ilsam Al-Madani serta Majlis Ta’lim Al-Madani) dengan acara yang berkesinambungan mulai dari Tarhib Ramadhan, Tarawih, Tausiah ramadhan, Kuliah Dhuha, Santunan Anak Yatim, Sholat Idhul Fitri dan Halal Bil Halal sebagai penutup. 
2.      PHBI Idhul Adha yang susun secara berputar antar RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 08. Alhamdulillah kesadaran masyarakat sekitar al-madani terhadap ibadah Qor’ban cukup tinggi hal ini bisa dilihat dari hewan qurban yang telah disembelih di periode kepengurusan 2014 – 2016 sbb :
·         Idhul adha 1435 H, Panitia RT 001 (ketua Panitia. Bpk Agus) dengan jumlah hewan Qurban sapi :14 ekor dan Kambing 36 ekor.
·         Idhul Adha 1436 H, Panitia RT 002 (Bpk. Rahmat Hidayat dan Pak Rt.02) dengan jumlah Hewan Qurban Sapi : 13 ekor dan kambing 30 ekor.
·         Idhul Adha 1437 H, Panitia RT 003 (Bpk Ahmadi) dengan jumlah hewan Qurban Sapi : 11 Ekor dan Kambing 34 Ekor.
Kita berharap kesadaran ber qorban ini terus meningkat sehingga tali ukhuwah antar ummat islam di Cikarang Baru dan lingkungannya terus terjalin dengan sangat baik dan tentunya keberkahan akan selalu menaungi hidup masyarakat sekeliling masjid al-Madani.


   E.      BIDANG PENDIDIKAN dan PERPUSTAKAAN (Kood Bidang Bpk Afif F dan Bpk. Imron R )
Bidang pendidikan mempunyai tugas meneruskan periode sesudahnya dengan memberikan pelayanan pendidikan Agama Islam kepada anak sampai dengan usia remaja di Lingkungan RT 07 dan RW 10.
Dalam pelaksanaannya bidang pendidikan yang bekerja sama dengan TPA Al-madani telah berusaha dengan keras untuk menyediakan layanan dengan standard BKPRMI dengan menyediakan tenaga guru dan pengurus yang lebih kompenten. Di awal tahun 2010 mengingat kebutuhan masyarakat akan pendidikan agama yang cukup tingginya khususnya untuk siswa-siswa sekolah Negri yang muatan pendidikan agamanya cukup sedikit LPI Al-Madani membuat Madarasah Diniah yang diharapkan ikut memberikan solusi atas kebutuhan ilmu agama tersebut.
Saat ini yang menjadi program unggulan bidang pendidikan dan Lembaga Pendidikan Al-Madani adalah program tahfidz bagi anak-anak dan remaja.
Dalam perjalanan kini Lembaga Pendidikan Al-Madani kini telah menjadi salah satu madarasah pilihan bagi masyarakat RW 07 dan RW 10 yang ingin memperdalam ilmu agama khususnya bagi tingkat anak-anak dan remaja.
Dengan semakin berkembangnya dan sambutan yang positif dari warga, kepengurusan bidang pendidikan yang akan datang mendapatkan tantangan yang lebih tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di LPI Al-Madani.
Alhamdulillha juga terlaksana oleh bidang ini adalah adanya atau tersedianya sarana perpustakaan islamdi dalam masjid Almadani yang diperuntukan untuk masyarakat umum di Cikarang Baru.

   F.       BIDANG PEMBINAAN REMAJA (Koord Bidang Bpk. Afif F dan Bpk Eko Hadi W)

Bidang pembinaan remaja mempunyai tugas utama melakukan pembinaan terhadap remaja muslim di lingkungan masjid al-Madani dan membentuk generasi generasi muda yang mencintai masjid.
Kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan dan dilaksanakan oleh Bidang ini adalah :
1.      Pesantren Remaja yang dilaksanakan  bekerjasama dengan Lembaga pendidikan Islam al-Madani diadakan secara regular setiap Ramadhan dan pada saat libur sekolah dengan peserta berkisar antara 50 – 100 santri remaja dari Wilayah RW 07, 10 dan Cikarang Utara.
2.      Santunan anak yatim dan Dhu’afa setiap bulan Suci Ramadhan yang bisa mencover sekitar 800-1.000 anak yatim dan dhuafa di Kabupaten Bekasi, hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi kita semua karena kegiatan ini sudah menjadi angenda rutin dan mendapat dukungan dari banyak pihak tidak hanya masyarakat dan Jama’ah Cikarang Baru.
3.      Kegiatan yang bersifat tadabur alam untuk periode ini  remaja tidak dapat terlaksana di karenakan regenerasi para remaja yang kurang solid
Dari beberapa even yang telah sukses dilaksanakan oleh bidang ini, banyak hal yang harus ditingkatkan dan ada beberapa yang perlu ditingkatkan antara lain adalah perlu adanya follow up atau tindak lanjut dari kegiatan di atas sehingga dapat membentuk remaja-remaja yang mencintai masjid serta perlu diadakannya regenerasi kepengurusan sebagai penarik remaja untuk senantiasa dekat dengan masjid, karena kita sama-sama mengetahui bahwa remaja mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri.

   G.     BIDANG PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR (Koord Bpk. Ir Bambang)
Bidang ini diberikan amanah untuk merencanakan, mengatur dan melaksanakan kegiatan pembangunan dan perawatan infrastruktur bangunan masjid dan LPAI Al-Madani agar Jama’ah Masjid senantiasa lebih nyaman dan khusyu’ dalam menjalankan segala aktifitas ibadah di masjid.
Beberapa hal yang telah dilakukan oleh bidang ini adalah sebagai berikut :
1.      Okt 2014dilakukan pembangunan gedung tempat wudlu dan Toilet wanita sehingga jama’ah kaum hawa dapat wudlu dan buang air dengan nyaman. Gedung ini juga sudah dirancang terintegrasi pada saat renofasi pembangunan selanjutnya.
2.      Penambahan daya listrik di tahun 2015dan 2016 dari 2200 ke 4800 Watt dikarenakan kapasitas listrik yang kurang untuk meng cover kebutuhan yang ada dan juga untuk adanya penambahan AC di dalam masjid yang Alhamdulillah sudah terpasang sebanyak 7 AC yang diberikan oleh donator jamaah Almadani
3.      Pada April 2015, adanya penambahan Tenda di sisi timur, Selatan dan utara masjid untuk fasilitas sholat Jumat.
4.      Pada awal tahun 2016, adanya perubahan keramik di tangga masuk masjid dikarenakan safety untuk mengurangi licin pada saat terkena hujan atau basah
5.      April 2016, Pembangunan besar posisi selatan tempat masjid dengan berpatokan pada maket yang sudah dibuat.Ketua Panitia : Bpk. Endra Bakti Y (laporan pembangunan terlampir – dilaporkan setiap pecan di hari Jum’at)

Beberapa hal yang perlu dilanjutkan oleh kepengurusan yang akan datang antara lain adalah :
1.      Pengurusan IMB Pembangunan Masjid yang telah di renovasi
2.      Melanjutkan Pembangunan besar sesuai maket yang telah direncanakan dengan daya tamping +- 2000 jamaah.
H. BIDANG PEMELIHARAAN DAN PERLENGKAPAN 
Bidang ini diberikan amanah untuk menjaga seluruh bagian masjid dan lingkungannya tetap dalam kondisi bersih dan rapi.Alhamdulilah ada penambahan alat CCTV di masjid Almadani pada pertengahan tahun 2015 sebagai Display pelaporan jika terjadi kehilangan atau momen penting di Dalam dan di luar Masjid total sebanyak 5 camera cctv berikut alat perekamnya. Dengan dibantu seorang petugas marbot sejak periode tahun 2009 sampai sekarang alhamdulillah masjid senantiasa terjaga kebersihan dan kerapiannya termasuk juga ketika akan dilaksanakannya sholat jum’at yang sampai saat ini masih menggunakan terpal dibagian sisi kanan – kiri dan lapangan masjid yang belum memenuhi kapasitas jama’ah.


  1. I . PKUYM ( PENDIDIKAN KETERAMPILAN DAN USAHA YATIM AL MADANI )

Bidang ini dibentuk pada awal tahun 2014 sebagai improvasi dari program santunan Anak yatim dan Duafa yang sudah berjalan bertahun-tahun yang hanya sebatas santunan setahun sekali pada even Ramadhan yang diberikan hanya sebatas uang dan sembako untuk kebutuhan sehari hari yang sebenarnya masih sangat jauh dari memadai untuk kebutuhan hidup selama setahun. Jadi dengan adanya bidang PKUYM para anak yatim dan dhuafa dapat satunan baik uang sekolah, sembako sudah bias dirasakan setiap per kuartal dan tambahan Skill / keterampilan mandiri dari membuat usaha makanan made in yatim al madani dll serta PEMBINAAN AGAMA yang dibantu pelatihan dan pembinaannya oleh pengurus dan Pembina PKYUM. Sumber dana PKUYM Alhamdulillah berasal dari para donator yang khususnya berada di lingkungan RW 07 dan RW 10, mudah mudahan rizqi mereka senantiasa diberikan KEBERKAHAN dan keluarga sakinah oleh Allaah SWT dan seluruh Pembina dan Pengurus PKUYM diberikan ganjaran yang terbaik dari Allaah SWT aamiin. Kami berharap pada kepengurusan ke depan programnya akan jauh lebih baik bukan hanya perkuartal tapi bisa meningkat menjadi per bulan. Dan Pendidikan Skill bukan hanya membuat kue tapi juga bisa menguasai bidang Komputer. Elektronik, Perbaikan AC, HP dll yang nantinya menjadi pembuka pembuka LAPANGAN KERJA.
 
IV. PENUTUP 
Secara umum itulah gambaran secara keseluruhan dari program yang direncanakan dan yang telah dilaksanakan oleh pengurus DKM periode 2014 – 2016. Masih banyak pekerjaan yang belum tuntas untuk dilaksanakan, untuk dievaluasi dan diperbaiki bagi kepengurusan yang akan datang. Karena memakmurkan masjid, melayani umat dan melakukan pembinaan yang terus menerus merupakan salah satu dari kuajiban kita semua sampai akhir hayat.
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pengurus yang telah banyak berkorban dan berperan aktif dalam menjalankan program-program DKM, serta masyarakat dan Jama’ah Masjid Al-madani yang telah berpartisipasi dalam mendukung semua bentuk kegiatan yang tujuannya semata karena mencari Ridho Allah SWT. Kami mendo’akan supaya apa yang telah dilakukan senantiasa berlandaskan keikhlasan dan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT, semoga semua yang kita lakukan menjadi bukti keta’atan kita kepada Allah SWT.
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia pelaksana penggantian pengurus DKM yang telah bekerja keras untuk menentukan pilihan terbaik yang akan menjalankan roda  dakwah dan syiar Islam di Masjid kita tercita ini.
Demikianlah laporan pertanggungjawaban yang kami buat, segala kekurangan dan kesalahan yang terjadi adalah semata-mata akibat dari ketidakmampuan kami. Dan kami atas nama jajaran pengurus minta ma’af yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum wr.Wb.
Cikarang Baru,9 Robi’ul Akhir 1438 H / 8 Januari 2017

































Struktur Organisasi DKM Periode 2014-2016



2 Komentar untuk "Laporan Pertangung Jawaban DKM Periode 2014 - 2016"

Menjadi inspirasi dari dkm lainnya utk berbuat lebih banyak dlm memakmurkan masjid dan ijin copas

Back To Top